Menjadi Siswa Unggul: Melalui Pendekatan Pembelajaran, Kecerdasan dan Adversity Question

Data Buku

Judul Buku      : Menjadi Siswa Unggul: Melalui Pendekatan Pembelajaran, Kecerdasan dan Adversity Question

Penulis            : Supriyadi

Penerbit           : Pustaka Amma Alamia

Cetakan           : 1

Tahun Terbit   : 2019

Ukuran            : 21 x 14,8 cm

Halaman          :

ISBN               : 978-602-53073-6-2

Harga              :

Deskripsi Buku

Perkembangan dalam bidang pertelevisian membutuhkan sumberdaya manusia yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang videografi. Untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang menguasai videografi perlu dipertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pendekatan pembelajaran (X1), kecerdasan emosional siswa (X2) dan kecerdasan adversitas (X3) terhadap hasil belajar videografi (Y).

Teknik pengambilan sampel menggunakan multi stage random sampling. Sampel penelitian berjumlah 120 siswa yang dibedakan atas siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi serta kecerdasan adversitas tipe climber, kecerdasan emosional tinggi serta kecerdasan adversitas tipe quiter, kecerdasan emosional rendah serta memiliki kecerdasan adversitas tipe climber dan kecerdasan emosional rendah serta memiliki kecerdasan adversitas tipe quiter. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa reliabilitas instrumen hasil belajar videografi sebesar 0,918, Instrumen kecerdasan emosional dimensi I sebesar 0,879, dimensi II sebesar 0,805. Instrumen kecerdasan adversitas dimensi 1 sebesar 0,850, II sebesar 0,350, III sebesar 0,742 dan IV sebesar 0,717. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA 2X2X2.

Kesimpulannya adalah: (1) Pendekatan pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar videografi. (2) Kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar videografi. (3) Kecerdasan adversitas berpengaruh terhadap hasil belajar videografi. (4) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar videografi. (5) Terdapat pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran dan kecerdasan adversitas terhadap hasil belajar videografi. (6) Tidak terdapat pengaruh interaksi kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas terhadap hasil belajar videografi. (7) Terdapat pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran, kecerdasan emosional, dan kecerdasan adversitas terhadap hasil belajar videografi. Buku ini akan membahas secara detail mengenai hal ini.