Data Buku
Judul Buku : Implementasi Model Pembelajaran Kurikulum 2013
Penulis : Kadiyo dan Sutarto
Editor : Abdurrahman Misno BP
Penerbit : Pustaka Amma Alamia
Cetakan : 1
Tahun Terbit : 2019
Ukuran : 21 x 14,8 cm
Halaman :
ISBN : 978-623-90318-7-9
Harga :
Deskripsi Buku
Tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sejalan dengan arahan undang-undang tersebut, telah pula ditetapkan visi pendidikan tahun 2025 yaitu menciptakan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.
Pembentukan Kurikulum 2013 (K13) didasarkan pada faktor internal dan eksternal. Faktor internal terkait dengan perkembangan penduduk Indonesia dilihat dari pertumbuhan penduduk usia produktif. Sedangkan faktor eksternal adalah adanya fenomena globalisasi dan dinamika isu tentang lingkungan hidup, kemajuan teknologi informasi, kebangkitkan industri kreatif, budaya, dan perkembangan pendidikan di tingkat internasional. Arus globalisasi menggeser kehidupan masyarakat yang tadinya tradisional-agraris menjadi modern-industrial.
Kurikulum 2013 dikembangkan dari kurikulum 2006 (KTSP) yang dilandasi pemikiran tentang tantangan masa depan, persepsi masyarakat, perkembangan pengetahuan dan pedagogi, kompetensi masa depan, dan fenomena negatif yang mengemuka dalam arus informasi yang terbuka.
Bagaimana implementasi model pembelajaran kurikulum 2013? Buku ini akan memberikan gambaran secara praktis bagaimana pelaksanaannya. Selamat membaca..