Menggugat Fiat Kompilasi Fatwa Ulama dan Kajian Multidisipliner Tentang Mata Uang Fiat/Mata Uang Kertas

Data Buku

Judul Buku  : Menggugat Fiat Kompilasi Fatwa Ulama dan Kajian Multidisipliner Tentang Mata Uang Fiat/Mata Uang Kertas

Penulis            : Kaharuddin Adam, S.H

Editor              : Rendra Fahrurrozie, S.Pd., M.E.

Penerbit         : Pustaka Amma Alamia

Cetakan   : 1

Tahun Terbit   : 2024

Ukuran            : 21 x 14,8 cm

Halaman          : ix + 190 hlm.

ISBN               : 978-623-8156-27-6

Harga              : Rp 80.000,-

Sinopsis

Masyarakat tampaknya sudah terlalu pusing menjalani hidup yang semakin sulit, sehingga tidak punya kesempatan untuk memikirkan penyebab yang membuat kenaikan harga ini terjadi secara konsisten dari waktu ke waktu.

Dalam rentang tahun sejak 2010 sampai saat buku ini dicetak kami telah dan masih terus mengkaji permasalahan yang berkembang dalam sistem moneter modern saat ini. Pada buku ini kami menyajikan pandangan kritis dari para ulama pakar hukum Islam, ekonom, sejarahwan, politisi, filsuf hingga penulis dan pemikir dari berbagai negara lintas generasi.

Pada bagian akhir buku ini kami memberikan beberapa saran dan tips bagaimana menghadapi situasi dan kondisi saat ini yang semakin hari semakin sulit dan tidak menentu karena daya beli mata uang kertas yang dari waktu ke waktu terus melemah.

Kami mengambil sebagian kecil usaha dalam melindungi harta (hifzhul maal) masyarakat terutama ummat Islam sebagai salah satu bagian penting dari Tujuan-Tujuan Syari’at (Maqashid Al Syari’ah). Semoga apa yang kami tulis ini menjadi bahan pemikiran bagi masyarakat agar lebih peduli dengan dinamika sosial ekonomi yang terjadi serta memahami dengan baik apa yang harus dilakukan.