Integrasi Muatan Pendidikan Kesehatan Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Suplemen untuk SMP Kelas VIII

Data Buku

Judul Buku  : Integrasi Muatan Pendidikan Kesehatan Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Suplemen untuk SMP Kelas VIII

Penulis            : Dr. Hj. Prihantini, M.Pd. dan Ayung Chandra Padmasari, S.Pd., M.T.

Editor              : Rendra Fahrurrozie, S.Pd., M.E.

Penerbit         : Pustaka Amma Alamia

Cetakan   : 1

Tahun Terbit   : 2024

Ukuran            : 21 x 14,8 cm

Halaman          : ix + 80 hlm.

ISBN               : 978-623-8156-20-7

Harga              : Rp 65.000,-

Sinopsis

Mewujudkan generasi sehat sebagai tujuan pendidikan nasional secara eksplisit telah tercantum dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Pasal 3. Pernyataan tersebut menjadi acuan bahwa upaya pendidikan harus dapat mewujudkan generasi sehat, baik sehat jasmani maupun rohani. Pernyataan tersebut menyiratkan pentingnya pendidikan kesehatan untuk mewujudkangenerasi yang sehat.

Untuk memfasilitasi terlaksananya pendidikan kesehatan di SMP, maka diperlukan integrasi muatan pendidikan kesehatan yang dapat menambah literasi kesehatan bagi guru dan siswa SMP. Agar terjamin keterlaksanaan pendidikan kesehatan, salah satunya yaitu dengan mengintegrasikan muatan pendidikan kesehatan (health content area) yang terdapat dalam kurikulum tertulis (dalam hal ini Kurikulum 2013 pada satuan pendidikan SMP). Dengan adanya integrasi muatan pendidikan kesehatan ini diharapkan implementasi pendidikan kesehatan dapat terlaksanakan melalui kebijakan sekolah.

Dengan demikian diperlukan suplemen muatan kesehatan untuk melengkapi isi buku teks mata pelajaranPJOK. Suplemen buku teks yang dikembangkan ini disusun untuk melengkapi dan memperkaya pemahaman guru dan siswa mengenai aspek-aspek kesehatan yang sangat diperlukan namun belum tercakupdalam buku teks mata pelajaranPJOK SMP kelas VIII.