Zakat Sebagai Pengurang Pajak: Dasar Filosofis dan Karakteristik Penetapannya

Data Buku

Judul Buku      : Zakat Sebagai Pengurang Pajak: Dasar Filosofis dan Karakteristik Penetapannya

Penulis            : Dian Septiandani dan Abd. Shomad

Editor              : Abdurrahman Misno BP

Penerbit           : Pustaka Amma Alamia

Cetakan           : 1

Tahun Terbit   : 2020

Ukuran            : 21 x 14,8 cm

Halaman          :

ISBN               : 978-623-94416-6-1

Harga              :

Deskripsi Buku

Zakat dan Pajak adalah dua hal yang menjadi kewajiban bagi umat Islam di Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya, keduanya memiliki dasar filosofis dan karakteristik penetapannya yang berbeda. Jika Zakat adalah kewajiban dalam agama dan bagi siapa yang tidak melaksanakannya maka akan mendapat dosa, maka pajak juga adalah kewajiban dari pemerintah yang apabila tidak dilaksanakan maka akan mendapatkan sanksi atau hukuman.

Kedua kewajiban ini terkadang menjadi beban bagi umat Islam, sehingga kemudian memunculkan gagasan untuk menggabungkannya, di mana ketika seorang muslim menunaikan zakat maka ia tidak memiliki kewajiban lagi untuk membayar pajak. Pada tahap yang lebih rendah adalah pembayaran zakat dapat mengurangi kewajiban pajak. Namun tentu saja ide ini menjadi wacana menarik untuk didiskusikan dan dibahas secara mendalam.

Buku ini hadir untuk memberikan gagasan mengenai landasan filosofis dari apa yang terkandung dalam zakat dan pajak sehingga pembayaran zakat bisa dijadikan sebagai pengurang pajak penghasilan. Selain itu juga dibahas mengenai konsep baru dalam peraturan perundang-undangan mengenai pembayaran zakat yang dapat dijadikan sebagai pengurang pajak penghasilan.