Karakter Suami Mithali

Data Buku

Judul Buku      : Karakter Suami Mithali

Penulis            : Afrianto dan Ahlam binti Ibrahim

Penerbit           : Pustaka Amma Alamia

Cetakan           : 1

Tahun Terbit   : 2017

Ukuran            : 21 x 14,8 cm

Halaman          :

ISBN               : 978-602-61425-3-5

Harga              :

Deskripsi Buku

Buku ini bertajuk Karakter Suami Mithali maknanya adalah pembahasan tentang apa yang melatar belakangi seorang istri boleh membebaskan kewajiban seorang suami terhadap dirinya sedangkan di dalam Hukum Islam suami wajib mencari nafkah untuk dirinya dan keluarganya.

Pembahasan ini pada dasarnya dilatar belakangi oleh berbezanya antara Hukum Islam dengan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia iaitu Kompilasi Hukum Islam. Di dalam Hukum Islam sudah di jelaskan bahwasanya  suami wajib mencari nafkah untuk istri, tetapi di dalam Kompilasi Hukum Islam, di atur bahawasanya Istri boleh membebaskan kewajiban suami dalam hal mencari nafkah yang tercantum dalam fasal  80 Ayat (6) Kompilasi Hukum Islam.

Kompilasi Hukum Islam (KHI) merupakan kumpulan peraturan yang berdasarkan pada fiqh dan dijadikan sebagai rujukan bagi hakim di Mahkamah Syariah dalam memutuskan suatu perkara serta terdiri dari tiga buku, yang mengatur masalah perkahwinan, kewarisan serta perwakafan. Salah satu yang menjadi pembahasan dalam Kompilasi Hukum Islam ini adalah masalah kewajiban suami yang di muat dalam buku I tentang perkahwinan, kewajiban suami adalah mencari nafkah untuk istrinya baik itu nafkah makanan, pakaian dan tempat tinggal sesuai dengan tuntunan agama Islam.