Pedoman Shalat Lengkap

Data Buku

Judul Buku      : Pedoman Shalat Lengkap

Penulis            : Abdurrahman Misno

Penerbit           : Pustaka Amma Alamia

Cetakan           : 1

Tahun Terbit   : 2017

Ukuran            : 21 x 14,8 cm

Halaman          :

ISBN               : 978-602-61425-2-8

Harga              :

Deskripsi Buku

Shalat adalah tiang agama, jika tiang ini rusak maka akan hancurlah agama. Karena itu, menjadi kewajiban bagi kita sebagai muslim untuk melaksanakan shalat dengan sebaik-baiknya. Sesungguhnya shalat adalah sesuatu yang mudah dan dapat dipelajari serta dilaksanakan oleh siapa saja, dari anak-anak sampai orang yang sudah lanjut usia.

Shalat juga menjadi mudah dilakukan karena ia dapat menyesuaikan dengan keadaan di sekitarnya, orang yang sakit dan tidak bisa shalat dengan berdiri maka ia diperbolehkan untuk shalat sambil duduk, yang tidak bisa duduk maka dibolehkan dengan berbaring. Jika berbaring juga sulit dalam melakukan gerakan maka cukup hanya dengan isyarat saja.

Demikian pula orang yang dalam perjalanan diperbolehkan untuk menjama atau menyatukan dua shalat yang waktunya berdekatan, semisal shalat Dhuhur dengan Ashar atau Maghrib dengan ‘Isya. Tidak hanya jama’ (menggabungkan shalat) tapi juga mengurangi jumlah rakaatnya yaitu shalat yang jumlahnya empat rakaat diqashar (dikurangi karena dalam perjalanan) menjadi dua rakaat.

Dalam melaksanakan shalat, yang kita butuhkan adalah keikhlasan dan mengikuti petunjuk Nabi dalam melaksanakannya. Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam pernah bersabda : Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat. HR. Al-Bukhari

Hadits tersebut menjelaskan bahwa kita diperintahkan untuk shalat sebagaimana yang telah dilaksanakan oleh Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. Lalu bagaimana tata cara shalat Nabi? Buku ini akan membahas secara rinci dan lengkap mengenai tata cara shalat sebagaimana yang telah dicontohkan oleh beliau.

Tata cara shalat yang ada dalam buku ini merupakan tata cara shalat yang lengkap dan praktis, diharapkan agar lebih mudah untuk dipahami dan dilaksanakan. Dengan tetap berpedoman kepada hadits-hadits Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam yang shahih, buku ini hendak mengisi kelangkaan buku metode shalat praktis yang sesuai dengan sunnah Nabi yang ada di pasaran.

Mudah-mudahan pembaca sekalian dapat memahami dan mendapat manfaat dari buku pedoman ini.  Amin Ya Rabb al-‘alamin.