Kecerdasan Kreatif dalam Al-Qur’an

Data Buku

Judul Buku      : Kecerdasan Kreatif dalam Al-Qur’an

Penulis            : Sutarto, Kadiyo dan Ramlan Rosyid

Editor              : Abdurrahman Misno BP

Penerbit           : Pustaka Amma Alamia

Cetakan           : 1

Tahun Terbit   : 2019

Ukuran            : 21 x 14,8 cm

Halaman          :

ISBN               : 978-623-92323-1-3

Harga              :

Deskripsi Buku

Al-Qur’an terdiri dari berbagai ayat yang membahas tentang manusia dan makna dari penciptaanya. Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna dan sebaik-baik ciptaan yang dilengkapi dengan akal fikiran dan kecerdasan. Manusia sebagai makhluk pilihan yang mengemban tugas sebagai ‘abd dan sebagai khalifah di muka bumi, sehingga Allah تعالى membedakannya dengan makhluk lain dengan bentuk fisik yang sempurna dan akal pikiran beserta kecerdasannya.

Sesuai dengan ajaran Islam dan merujuk pada penciptaan manusia sebagai ‘abd sekaligus khalifah di bumi, manusia telah dibekali dengan potensi yang harus dikembangkan melalui proses belajar. Al-Qur’an menyebutkan bahwa ciri-ciri manusia antara lain dibekali dengan empat potensi, yaitu: fitrah, ruh, kemampuan dan akal. Dengan demikian, apresiasi ajaran Islam terhadap kreativitas berfikir terlihat pada banyaknya ayat yang mendorong manusia untuk berfikir, merenung, dan menjadikan aktivitas berfikir sebagai bagian integral dari kehidupan manusia.

Menggagas kecerdasan kreativitas dalam al-Qur’an merupakan salah satu jawaban terhadap kenyataan bahwa pendidikan di Indonesia saat ini lebih berorientasi pada  hasil yang bersifat pengulangan, penghapalan, dan pencarian satu jawaban yang benar terhadap soal-soal yang diberikan. Buku ini berusaha mendeskripsikan bagaimana kecerdasan kreativitas dalam al-Qur`an.